LPM Siapkan Pedoman Penyelenggaraan Kurikulum Merdeka Belajar, Kampus Merdeka

Dalam rangka menyikapi perubahan kebijakan kurikulum nasional pendidikan tinggi, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) menyiapkan pedoman penyelenggaraan kurikulum merdeka belajar, kampus merdeka.

Penyusunan pedoman akademik merdeka belajar, kampus merdeka bertujuan untuk memberikan arahan yang jelas bagi setiap pengelola program studi dalam mengimplementasikan konsep kurikulum.

“Sejak diterbitkannya kebijakan kurikulum belajar, kampus merdeka di awal 2020 lalu, kita di LPM berupaya merespon cepat atas perubahan ini. Salah satunya ya, kita menyiapkan pedomannya. Selain itu, LPM juga senantiasa berkoodinasi dengan Wakil Rektor I bidang akademik”, kata Irawan selaku Ketua LPM IAIN SAS Babel (16/11) lalu di ruang kerjanya.

Menurut Irawan, setidaknya ada lima kebijakan terkait dengan konsep kampus merdeka ini yaitu, 1) sistem akreditasi perguruan tinggi, 2) hak belajar tiga semester di luar program studi, 3) kemudahan dalam membuka program studi baru, 4) penerimaan mahasiswa baru, dan 5) kemudahan menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum.

Ia melanjutkan, konsep kurikulum merdeka belajar sebagaimana yang disampaikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim bahwa, perubahan kurikulum nasional pada perguruan tinggi dilakukan atas dasar untuk menyiapkan para lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

“Harapan bapak menteri ini sangat bagus dan revolusioner. Ini akan menjadi langkah awal kita untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia unggul, kreatif, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan perubahan”, tutur Irawan.

Ditanya terkait dengan bagaimana persiapan IAIN SAS Babel menerapkan kurikulum ini, Irawan menegaskan bahwa saat ini LPM terus berkoordinasi dengan pimpinan untuk merumuskan beberapa langkah strategis.

“LPM sudah melakukan beberapa kali pertemuan dengan wakil rektor I untuk mendiskusikan hal ini. Pedoman sudah kita siapkan, tinggal eksekusi saja. Mungkin dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan beberapa unsur seperti para dekan dan pengelola program studi”, imbuhnya (Dinar Pratama)

About the Author: Admin

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *