Deprecated: wp_make_content_images_responsive is deprecated since version 5.5.0! Use wp_filter_content_tags() instead. in /home/u9488291/public_html/wp-includes/functions.php on line 4861

Details

Audit-Internal
19
Mar,2021

LPM Selesaikan 2 Pedoman di tengah Pandemi Covid-19: PEDOMAN AUDIT MUTU INTERNAL DAN PENGELOLAAN MUTU

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurrahaman Siddik Bangka Belitung memiliki tanggung jawab dalam memfasilitasi dan mendorong peningkatan kinerja secara akademik dan non-akademik‚ penjaminan mutu internal‚ dan budaya organisasi perguruan tinggi.

        Sebagai salah satu upaya untuk mengimplementasikan terwujudnya penjaminan mutu internal perguruan tinggi‚ LPM IAIN SAS Babel bersama LPM UIN/IAIN/STAIN Se-Indonesia melakukan Penyusunan Pedoman Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengelolaan Mutu Tahun 2020 secara online. Sistem kerja online ini dikomunikasikan dan didiskusikan melalui WhatsApp Group. Kegiatan ini merupakan perwjudan dan tanggung jawab dari Work From Home (Bekerja Dari Rumah) pada saat adanya himbauan Social Distancing (Jaga Jarak Sosial) di tengah pandemi coronavirus desease 19 (covid-19).

       Ketua LPM IAIN SAS Babel‚ Dr. Irawan‚ M.S.I‚ mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan penyusunan Pedoman Audit Mutu Internal ini adalah untuk memverifikasi kesesuaian antara pelaksanaan kerja IAIN SAS Babel (termasuk Program Studi) dengan standar pendidikan PTKIN. Dengan adanya pedoman AMI ini‚ perguruan tinggi dapat meminimalisir kesenjangan antara praktik pelaksaan pendidikan dengan standar perguruan tinggi. Pedoman AMI yang disusun selama 12 hari (4 April – 15 April 2020) oleh Forum LPM PTKIN (sejumlah 45 UIN/IAIN/STAIN) ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam peningkatan mutu akademik dan akreditasi Perguruan Tinggi‚ tidak terkecuali IAIN SAS Babel.

           Sedangkan penyusunan Pedoman Pengelolaan Mutu bertujuan untuk menjadi panduan bagi pimpinan‚ dosen‚ tenaga pendidik‚ mahasiswa‚ dan unit kerja dalam bekerja dengan berbasis mutu. Kegiatan penyusunan ini berlangsung selama 12 hari (6 April- 17 April 2020) yang terdiri dari 45 orang dari UIN/IAIN/STAIN Se-Indonesia. Dalam penyusunan kedua pedoman ini‚ Irawan senantiasa bersinergi dengan seluruh tim Forum LPM Se-Indonesia dan berdiskusi dengan Syarifah‚ M.S.I (Sekretaris LPM IAIN SAS Babel) dan Dinar Pratama (Kepala Pusat dan Pengendalian Mutu dan Pusat Karir)‚ H. Musa‚ M.Kom.I (Kepala Pusat Pendampingan Mutu Akademik)‚ Marheni‚ M.Si (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu)‚ Erniwati‚ M.M (Kasubbag Lembaga Penjaminan Mutu)‚ dan Uci Asnita‚ S.Kom (Staf Lembaga Penjaminan Mutu) sehingga ide dan gagasan yang dinarasikan pada kedua pedoman ini bernas‚ legal-formal‚ inovatif dan mengacu kepada standarisai revolusi 4.0 dan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar.

     Pedoman-pedoman yang disusun oleh Forum LPM Se-Indonesia selanjutnya akan disesuaikan dengan standarisasi dan kontekstual IAIN SAS Babel‚ dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh setiap Prodi untuk menyusun Pengelolaan Mutu Internal.

Penulis: Uci Asnita