Deprecated: wp_make_content_images_responsive is deprecated since version 5.5.0! Use wp_filter_content_tags() instead. in /home/u9488291/public_html/wp-includes/functions.php on line 4861

Details

WhatsApp-Image-2020-04-03-at-14.05.10
20
Mar,2021

DUA PRODI DI IAIN SAS BABEL TERAKREDITASI

Akreditasi program studi merupakan persyaratan mutlak dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajajaran‚ penelitian‚ dan pengabdian kepada masyarakat). Akreditasi program studi merupakan suatu proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas tanggung jawab dan komitmen program studi terhadap kapasitas dan mutu penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi‚ agar dapat menentukan kelayakan program studi dan menyelenggarakan program akademiknya.

            Dengan menyadari pentingnya akreditasi program studi ini‚ maka Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) menyusun borang prodi pada tahun 2019 oleh tim penyusun borang kedua prodi tersebut. Penyusunan borang akreditasi kedua program studi ini dikoordinir oleh Dr. Yusra Jamali‚ M.Pd (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN SAS Babel pada saat itu). Setelah menunggu beberapa bulan‚ akhirnya kedua prodi tersebut terakreditasi. Yusra, meskipun telah pindah tugas sebagai Ketua Prodi S-3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh‚ selaku Ketua LPM IAIN SAS Babel periode 2017-awal 2020, merasa bangga atas diterbitkannya akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah). Lebih lanjut, Yusra berharap di masa mendatang kedua prodi ini dapat terus meningkat menjadi lebih baik dan bisa bekompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

            Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) dikeluarkan sertifikatnya oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 4995/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/XII/2019 Tentang Akreditasi Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) pada Program Sarjana Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung‚ Kabupaten Bangka pada tanggal 18 Desember 2019‚ dengan Akreditasi C.

            Sementara Prodi Pendidikan Bahasa Arab dikeluarkan sertifikatnya oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor:5227/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/XII/2019 tentang Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Sarjana Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung‚ Kabupaten Bangka pada tanggal 18 Desember 2019‚ dengan Akreditasi C.

            Rektor IAIN SAS Babel‚ Dr. Zayadi‚ M.Ag‚ menyambut baik dan berterima kasih kepada Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam dan Pendidikan Bahasa Arab serta tim penyusun atas dikeluarkannya akreditasi ini. Para mahasiswa yang akan lulus di kedua prodi ini telah sah dengan dikeluarkannya akreditasi ini. Namun‚ Rektor terus menghimbau dan berharap kepada kedua prodi ini untuk meningkatkan dan mempersiapkan berbagai persyaratan agar memperoleh akreditasi B atau A (Baik Sekali atau Unggul) di masa mendatang. Kedua prodi ini wajib memperoleh akreditasi minimal B‚ tutur Rektor.

            Ketua prodi Pendidikan Bahasa Arab Anna Musyarofah‚ M.Pd.I‚ bersyukur telah dikeluarkannya akreditasi di prodi ini. Anna juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor‚ Dekan‚ para Wakil Dekan‚ seluruh sivitas akademika Fakultas Tarbiyah‚ dan seluruh tim penyusun borang. Tentunya‚ dengan dikeluarkannya akreditasi Prodi ini bisa menambah semangat baru untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pendidikan. Anna juga berharap agar prodi Pendidikan Bahasa Arab ini dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan dukungan mahasiswa‚ alumni‚ stake holder‚ dan seluruh sivitas akademika. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak‚ prodi ini dapat mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi dan mencapai akreditasi B (Baik Sekali) bahkan akreditasi A (Unggul serta bisa berkompetisi baik di lingkat nasional maupun internasional.

          Demikian juga ketua prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)‚ H. Winarno‚ S.H.I‚ M.H.I‚ merasa bersyukur atas diterbitkannya akreditasi pada prodi ini. Dengan diterbitkanya akreditasi‚ lulusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) sudah memiliki legalitas formal. Winarno juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor IAIN SAS Babel‚ Dekan‚ para Wakil Dekan‚ seluruh sivitas akademika Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam‚ dan tim penyusun yang telah mendukung dan membantu secara moril dan materil terlaksananya proses akreditasi hingga diterbitkannya akreditasi ini. Meskipun sudah terakreditasi C‚ Winarno belum merasa puas atas perolehan akreditasi ini. Dia berharap dan berupaya untuk segera meningkatkan peringkat akreditasi menjadi B (Baik Sekali) bahkan A (Unggul). Ketua prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) ini juga sangat berharap agar adanya dukungan dari para pimpinan dan sivitas akademika untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tercapainya akreditasi yang lebih baik.

            Ketua LPM‚ Dr. Irawan‚ M.S.I berterima kepada Rektor‚ para pimpinan dan sivitas akademika‚ Tim LPM‚ dan Tim Penyusun yang telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan proses akreditasi ini hingga diterbitkannya akreditasi ini.

Penulis: Dr. Irawan , M.S.I