Details

20220825-iain
26
Aug,2022

LPM IAIN SAS Bangka Belitung Mengadakan Bimbingan Teknis Beban Kerja Dosen

BANGKA – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurahman Siddik Bangka Belitung mengadakan bimbingan teknis aplikasi e-BKD, untuk rencana beban kerja dosen dan laporan kinerja dosen, kepada seluruh dosen di lingkungan IAIN SAS Bangka Belitung, Kamis (25/8/2022).

Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi dan efektivitas, termasuk dalam dunia Pendidikan.

Bimbingan teknis  dan sosialisasi aplikasi e-BKD ini diikuti oleh Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, serta Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam,  di ruang rapat fakultas masing-masing selama dua hari.

Acara tersebut dihadiri Ketua LPM Dr Ahmad Irvani MAg, Sekretaris LPM Syarifah MSI, Kapus Audit dan Pengendalian Mutu, Dinar Pratama MPd, serta Kapus Pengembangan Standar Mutu Nurul Faqih Isro`i MPd

Revolusi industri 4.0 mengharuskan dunia pendidikan berbenah dalam segala lini, termasuk dalam menjamin mutu perguruan tinggi. Satu di antaranya Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD) dan Laporan Beban Kerja Dosen (LBKD).

Ketua LPM, Dr Ahmad Irvani MAg dalam sambutannya mengatakan, aplikasi BKD Online ini diharapkan membantu dan memudahkan dosen dalam melaporkan beban kerja yang sebelum dua semester terakhir masih dilakukan secara manual. 

Pelaporan BKD secara online merupakan keharusan di perguruan tinggi, apalagi dengan perkembangan Revolusi 4.0 menuntut Dosen untuk melek teknologi. 

“Pada setiap kesempatan asesmen lapangan akreditasi selalu ditanya tentang sistem pelaporan BKD secara online,” ucap Irvani

Irvani juga mengatakan, dengan aplikasi online ini proses administrasi yang selama ini dianggap menyulitkan dosen berhasil dipangkas.

“Harapannya semoga dengan  sosialisai e-BKD ini dapat memudahkan Dosen IAIN SAS Bangka Belitung dalam segala aspek,” ucap Irvani

Dinar Pratama MPd mengatakan, pelaporan BKD di IAIN SAS Bangka Belitung selama ini dinilai sangat rumit karena masih dilakukan secara manual. Sehingga LPM berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi berbasis online.

Pelaporan Beban Kinerja Dosen (BKD) merupakan rutinitas wajib bagi semua dosen, baik yang berstatus PNS maupun non PNS.Bahkan, dosen dengan tugas belajar pun wajib melaporkan BKD.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mengikuti sosialisasi dapat menerima baik penyampaian dari narasumber, begitu juga penyampaian dari narasumber yang begitu detail. 

Demikian pula, laporan tentang pentingnya data-data yang mendukung dan dokumen yang sesuai dengan pelaporan BKD secara online.